Monday, July 12, 2021

Launching Selong Blogger, Seger Bersama YRAnnisa

Selong, Lombok Timur. Digitalisasi di berbagai bidang, kini juga sampai di kota Selong, kabupaten Lombok Timur. Salah satu penandanya, lahirnya komunitas Selong Blogger (Seger). Seger resmi dilaunching oleh Penanggung Jawab, Owner dari SPBU Pancor Peduli, Ir. H. Moh. Edwin Hadiwijaya MM. Acara launching berlangsung di Aula KUD Utama Rakam, Ahad 11 Juli, mulai dari jam 1 siang sampai jam 4 sore.

Tim Seger bersama YR Annisa. Dokpri

Tak hanya meresmikan Seger, hadir pula YR Annisa. Annisa adalah seorang penulis otodidak dan telah menerbitkan satu buku berjudul ‘A Light By You’. Sebelumnya, ia aktif menulis dan mendapatkan view sampai 22 juta pembaca. Annisa menyampaikan materi ‘Motivasi Produktif Menulis Di Tengah Pandemi’.

Launching Seger dihadiri oleh sekitar 50 lebih undangan, dari pemerintah, lembaga, komunitas serta beragam asosiasi offline dan online. Resmi lahirnya Seger dilakukan oleh Penanggung Jawab Seger, Ir. H. Moh. Edwin Hadiwijaya MM., Owner dari SPBU Pancor Peduli.

Fotbar Panitia dan segenap undangan. Dokpri

“Lahirnya komunitas Seger ini saya harapkan menambah daftar komunitas pendukung ekosistem digital di kota Selong dan sekitarnya, wilayah Lombok Timur secara khusus, serta Lombok Sumbawa secara umum. Seger menggunakan tagline ‘Kabarkan Kebaikan Dengan Pena’, berkonsep komunitas Pemberdayaan Perempuan, namun juga terbuka untuk bekerja sama dengan komunitas lain,” demikian disampaikan di sambutan yang langsung diikuti dengan melaunching Seger.


Usai sambutan, narsum utama mulai menyampaikan materi. Annisa memulai menulis di platform Wattpadd, sampai kemudian menerbitkan buku pertamanya. Kini, buku tersebut dijual di beberapa market place seperti shopee, Bukalapak dan juga Wattpadd sendiri.

YRAnnisa menyampaikan materinya 'Produktif Menulis di Tengah Pandemi'. Dokpri

Di sesi diskusi, banyak pertanyaan peserta yang antusias ingin mengetahui motivasi kepenulisan Annisa. Dimana, Annisa sendiri memiliki keterbatasan fisik. Ia seorang disabilitas di umur sekitar satu tahun, mengenyam pendidikan 3 tahun saja di MI (kelas 1 sampai kelas 3) dan praktis melakukan banyak hal hanya di kamarnya saja. Namun Annisa jarang mengeluh. Ia mulai candu membaca, lalu berikutnya mulai menulis. Semakin aktif menulis dengan nama pena khusus, sampai akhirnya ia menerbitkan buku dengan namanya sendiri, YRAnnisa.

Saat diskusi ini pula, bermunculan tawaran kolaborasi membuat event-event literasi dan khusus mengasah kemampuan menulis. Misalnya, dari Sekolah 3 Menit, LK2T Lotim, serta beberapa lembaga lain yang menghadiri acara launching ini.

Penanggung Jawab Seger berfoto bersama tiga program utama Seger. Dokpri

Ketua Seger menjelaskan program-program utama Seger. Dokpri

Kembali ke Seger, Muslifa Aseani, founder yang sehari-harinya adalah blogger menjelaskan tiga program utama di sesi akhir materi narsum utama. Yang pertama, Seger Begawe Digital, berkonsep event besar seperti pelaksanaan dari launching Seger sendiri. Kedua, Seger Betemue, adalah event-event kolaborasi yang bersinergi dengan komunitas lain. Contohnya, seperti saat Seger berkunjung ke Dusun Ulu, desa Jerowaru di beberapa pecan lalu. Ketiga, Seger Ngotok. Untuk ini, acara berkonsep siaran langsung dengan beragam materi serta latar belakang para narsumnya.

Seger Betemue ke SMAN 1 Sekongkang, kabupaten Sumbawa Barat. Dokpri

Meski baru saja di launching, Seger sudah mulai menjalankan tiga program utamanya. Salah satunya, Seger Ngotok, dimana Ketua Seger menjadi salah satu narsum di event Literasi Digital Nasional dengan materi ‘Bahasa Yang Baik dan Benar di Dunia Digital’. Contoh lain, Seger Betemue akan berkunjung ke SMAN 1 Sekongkang, kabupaten Sumbawa Barat, pada tanggal 17 sampai 18 Juli nanti.

Share this

1 Response to "Launching Selong Blogger, Seger Bersama YRAnnisa"

  1. Mantaabbb๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘
    Lanjutkan gaeess

    ReplyDelete