Sunday, June 27, 2021

Road To Seger Begawe Digital, Seger Betemue Ke Dusun Ulu Jerowaru

Semestakung. Sobat Seger pernah dengar kata ini? Kalau pernah, berarti tahu dong dua kata yang tersambungkan jadi satu. Semesta mendukung. Iya. Itulah yang terjadi di hari ini, Minggu 27 Juni 2021.

Di awal hari, tadinya hanya berkumpul membahas satu gawe besar pertama Seger. Seger Begawe Digital. Kelahiran para Seger dengan program-program utamanya. Satu meja panjang yang dikelilingi, menjadi wadah dari kembali tersampaikannya satu mimpi besar – ‘Kabarkan Kebaikan Dengan Pena’.

Road to Seger Begawe Digital, bersama Tim Semeton Edwin. Dokpri

Itulah langkah awal bersama. Langkah awal yang terangkai langsung dengan aksi. Pagi membahas agenda launching, tengah hari, langsung praktekkan program berikutnya. Yakni, Seger Betemue. Kemana? Simak perjalanan lengkap berikut.

Fitri dan Kisah Lain di Dusun Ulu


Tiga program besar Seger – Selong Blogger, diantaranya melibatkan diri pada aktivitas-aktivitas Sosial Kemanusiaan. Salah satunya, survey objek donasi dari lembaga-lembaga donor yang fokus bergerak di aktivitas tersebut.

Dusun Ulu, satu dari 20 dusun di Desa Wakan, kecamatan Jerowaru di Lombok Timur. Di dusun ini, terdapat sekitar 80an Kepala Keluarga. H. Ramdan, Kepala Dusun, menyampaikan rasa terima kasih, bahwa sebagian warganya akan menjadi penerima donasi. Beberapa jompo, warga difabel, serta kelompok warga tidak mampu lainnya.

Fitri, seorang bapak dari dua anak. Ujian hidup membawanya ke kondisi yang tak normal. Namun, kenangan selama ia masih bekerja, sebagian masih membekas. Sesekali celetukan berbahasa Inggris keluar. ‘How are you?’, misalnya. Kalimat random, entah benar entah tidak, ia sebutkan sebagai sebagian dari lokasi bekerjanya dulu. ‘Gili Trawnagan, ‘Banyu’, ‘Wangi’, lalu ia tutup dengan ‘Banyumulek’. Cerdas. Tapi, tak normal.

Salah seorang calon target penerima donasi di Dusun Ulu, bersama bang Ojik. Dokpri

Di lain tempat, seorang kakek tua, juga mirip dengan kondisi Fitri. Menurut Ojik, penghubung dengan para target objek donasi ini, beliau pun akan fasih berbahasa Inggris ketika obat penenangnya lambat dari jadwal rutin harus diminum.

Ojik telah menyiapkan data dari sekitar 20 dusun di desa Wakan ini. Semoga, siapa pun lembaga donor yang nantinya sampai dan berikan donasi, adalah rezeki yang penuh berkah. Utamanya bagi para penerima donasi itu sendiri.

Seger Betemue Mau Kemana Lagi?


Lokasi berikutnya dari kunjungan para Seger, tentunya dari lintas komunitas atau organisasi yang berdasarkan hal sama. Kebaikan. Apapun bentuk dan konsep dari kegiatan dari komunitas atau organisasi tersebut.

Seger bareng bang Ojik. Yuk, Betemue kemana lagi kita? Dokpri

Tengah minggu lalu, Seger Betemue menemani kawan-kawan dari HMI (Himpunan Mahasiswa Islam) HMI Komisariat Universitas Hamzanwadi. Akhir pekan, datang sekian jam di Dusun Ulu, dengan kisah Fitri di atas. Pekan depan, bukan tidak mungkin, datang dan bersilaturahmi dengan organisasi dan komunitas Anda.

Ingin bersilaturahmi digital dengan kami? Jangan ragu tinggalkan komentar di post ini, atau sapa kami di Instagram atau Facebook. Salam Seger ^^

Share this

11 Responses to "Road To Seger Begawe Digital, Seger Betemue Ke Dusun Ulu Jerowaru"

  1. Kegiatannya penuh rasa kemanusiaan. Patutlah jika semua hal terkait perlu dikabarkan dengan pena. Semoga lancar.

    Saya kira Seger itu apaan. Ternyata nama komunitasnya ya, Selong Blogger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Yun.
      Alhamdulillah.

      Semoga kami konsisten dan komit mengabarkan banyak kebaikan melalui Pena (tulisan)

      Delete
  2. Alhamdulillah berjejaring juga beramal kepada sesama nih. Maju terus untuk Selong Blogger!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamduillah wa syukurillah.
      Terima kasih lecutan semangatnya

      Delete
  3. Semoga semangat kawan2 SEGER tetap terjaga selalu seger membangun Lombok Timur lebih baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tampiasih semeton.
      Mari kolaborasi.
      Salam Seger

      Delete
  4. Selamat atas vlog barunya Bunsal
    Allhamdulilah ya. Posting perdana dengan gerakan kemanusiaan ini aku mendukung banget sukses ya buat selong blogger terus menebar kebaikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. InshaAllah ntar juga melebarkan sayap buat ngevlog bareng Seger ni :))

      Jadi, ya ngeblog, ya ngevlog. Bismillah

      Delete
  5. Bagus-bagus kegiatannya Seger ya Mbak bersifat sosial dan membantu masyarakat sekitar Insya Allah bermanfaat banget apalagi di masa sulit seperti sekarang

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah mbak Dedew.
    Pengen banget dah tandemin mbak Dedew dengan dik Nisa, buat jadi narsum motivasi menulis.

    ReplyDelete